SEMINAR PENDIDIKAN BELA NEGARA

SEMINAR PENDIDIKAN BELA NEGARA, Sabtu, 17 Oktober 2020 bertempat di Ruang Meeting Kampus Ambokembang Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan  dengan peserta mahasiswa semester 1. Narasumber Kegiatan ini yaitu Mayor Infantri Raji dari KODIM Kota Pekalongan.

Bela negara merupakan salah satu upaya pertahanan, pembelaan negara serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara baik menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam negara maupun memajukan bangsa melalui pendidikan, moral, sosial
maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa. Sebagaimana dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara." dan pasal 30 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara." Kesadaran akan bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan rela berkorban dalam membela negara. Dengan melaksanakan bela negara tersebut Merupakan bukti kecintaan warga negara terhadap tanah air dan merupakan wujud dari warga negara bahwa ia berbakti pada nusa dan bangsa.

Fungsi dari bela negara yaitu menjaga keutuhan wilayah NKRI, merupakan kewajiban bagi setiap warga negara, dan merupakan panggilan sejarah dari para pejuang kemerdekaan RI. Dengan adanya bela negara, maka negara akan kuat dan tidak mudah mendapat ancaman dari manapun. Dengan demikian, perlu dilaksanakan pendidikan bela Negara bagi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mahasiswa terkait upaya bela negara dan menanamkan nilai-nilai kepada mahasiswa untuk dapat berperan dalam upaya bela negara.

Udin