SEMINAR PENDIDIKAN ANTI-RADIKALISME

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan selenggarakan Seminar Anti-Radikalisme pada Hari Kamis, 28 Oktober 2021 secara daring dengan Narasumber Bapak AKP Mohammad Bisri, SE Kasat Intelkam Polres Kota Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 1 Tahun Akademik 2021/2022. Seminar Anti-Radikalisme bertujuan memberikan pemahaman bagi mahasiswa terkait pendidikan anti-radikalisme dan menanamkan nilai-nilai  serta membangun sikap  mahasiswa untuk dapat berperan dalam upaya anti-radikalisme.

Paham radikalisme dapat menimbulkan berbagai dampak negative diantaranya keresahan dalam masyarakat, terhambatnya perekonomian masyarakat, bahkan dapat menimbulkan disintegrasi Bangsa. Radikalisme merupakan paham atau aliran dalam agama yang menginginkan perubahan sosial dan politik dengan cara kekerasan. Adapun bahwa langkah agar mahasiswa mampu terhindar dari paham radikal yaitu dengan mempelajari agama dengan paripurna, kenali modus perekrutan dan gerakan radikal, menolak dengan tegas ajakan kajian yang bersifat sembunyi-sembunyi, berdialog terhadap hal-hal yang tidak dimengerti kepada ahlinya dan menumbuhkan rasa nasionalisme dan anti-radikal.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa UMPP diharapkan dapat memiliki nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa Indonesia dan dapat terhindar dari paham-paham radikal.

Udin