SEMINAR PENDIDIKAN BELA NEGARA

Seminar Pendidikan Bela Negara diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Anti pada Hari Kamis, 28 Oktober 2021 secara virtual. Peserta seminar ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan ini bertujuan memberikan mahasiswa pemahaman terkait upaya bela Negara dan menanamkan nilai-nilai kepada mahasiswa untuk dapat berperan dalam upaya bela negara. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Bapak Letnan Kolonel Infanteri Raji dari KODIM 0710/PKL.

Letnan Kolonel Infanteri Raji menyampaikan bahwa setiap warga Negara berhak dan wajib dalam upaya bela Negara sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945  dan Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002.  Bentuk bela Negara yaitu dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari hari-hari dengan berlaku adil, menghargai keberagaman dan menggunakan produk-produk dalam negeri. Beliau juga menyampaikan harapan kepada mahasiswa untuk menjadi generasi muda yang religius dan berperilaku positif, santun, inspiratif dan berprestasi serta memiliki daya saing dan berkompetisi dalam mengisi kemerdekaan.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Pendidikan Bela Negara, mahasiswa UMPP diharapkan dapat turut serta dalam upaya bela Negara melalui implementasi dalam kegiatan sehari-hari.

Udin